0

Definisi

Angkatan kerja (labour force) adalah seluruh penduduk dalam usia kerja (berusia 15 tahun atau lebih) yang produktif, yakni memproduksi barang dan jasa dalam kurun waktu tertentu, baik aktif dalam kegiatan produksi ataupun tidak. Mereka itu terdiri dari golongan yang bekerja (employed) dan golongan penganggur serta pencari kerja (keduanya disebut unemployed).

Golongan yang bekerja (employed) terbagi dua, yakni yang bekerja penuh (fully employed) dan yang setengah menganggur (under employed). Golongan yang bekerja adalah mereka yang melakukan pekerjaan atau bekerja untuk memperoleh atau membantu memperoleh penghasilan atau keuntungan dan tidak terputus. Dan golongan setengah menganggur atau disebut pula pengangguran tidak kentara adalah mereka yang bekerja bersama dalam lapangan pekerjaan di bawah kemampuan intelektualnya.

Cara Menghitung

Penghitungan angkatan kerja dilakukan dengan membandingkan antara jumlah penduduk yang termasuk dalam angkatan kerja dengan jumlah penduduk yang termasuk dalam usia kerja. Data sebagai dasar penghitungan indikator ini bisa didapatkan dari Sensus Penduduk (SP), Survey Sosial dan Ekonomi Nasional (Susenas), dan Survey Ketenagakerjaan Nasional (Sakernas).

Post a Comment

 
Top